Beranda > BERITA, download, internet, ponsel, sains, Uncategorized > Bukan Sekadar Ponsel Tahan Banting

Bukan Sekadar Ponsel Tahan Banting

19 Februari 2011

Banyak produsen telepon seluler membuat produk tahan banting. Namun, tidak banyak yang mengkhususkan diri untuk mengembangkan ponsel tahan banting berkualitas tinggi.

Salah satu produsen yang berfokus pada pengembangan produk telepon seluler (ponsel) semacam itu adalah Sonim, perusahaan dari Amerika Serikat. Model terakhirnya, Sonim XP3300, dipamerkan pada Mobile World Congress 2011 di Barcelona, Spanyol, 14-17 Februari 2011.

Sonim XP3300 boleh jadi bisa dibilang bukan sekadar ponsel yang tahan banting, tetapi juga sangat tahan banting. Andai jatuh dari ketinggian 2 meter di permukaan beton, ponsel ini mungkin hanya mental. Selain itu, ponsel ini juga tahan dibenamkan ke air hingga kedalaman 2 meter dengan sertifikasi IP-68. Ponsel ini tahan debu dan permukaan layarnya dilapisi kaca Gorilla Glass setebal 1,5 milimeter.

Sisi fiturnya mungkin biasa saja. Platform yang digunakan adalah Java yang biasa dipakai ponsel kelas menengah ke bawah. Kameranya juga hanya 2 megapiksel dan berlayar 2 inci. Jaringan yang didukung adalah GSM. Bagi para pekerja luar lapangan dan lingkungan ekstrem yang menjadi sasaran produk ini, fitur-fitur ini mungkin cukup.

Daya tahan baterainya cukup untuk menelepon tanpa henti hingga 20-24 jam dan waktu standby hingga 800 jam. GPS menjadi fitur wajib untuk pemetaan dan navigasi serta noise cancellation untuk mengatasi kebisingan. Sonim juga sudah menambahkan aplikasi-aplikasi yang dirancang untuk kebutuhan para pekerja lapangan, seperti NoteVault bagi pekerja di sektor industri konstruksi dan GPS tagging.

Sonim tak merinci soal harga. Namun, produk tersebut digolongkan sebagai ponsel kelas premium. Garansi yang diberikan pun sampai tiga tahun.

kompas.com

%d blogger menyukai ini: