Beranda > BERITA, internet, sains, Uncategorized > MIMO Buat Internetan Makin Kencang

MIMO Buat Internetan Makin Kencang

21 Januari 2011

TEMPO Interaktif, Jakarta – Kesal dengan “jalannya” akses internet yang lambat, Spectrum membuat solusi dengan teknologi Multiple Input, Multiple Output (MIMO).

MIMO merupakan teknologi arsitektur dengan channel bandwidth yang lebih lebar sehingga mampu meningkatkan kemampuan transfer data melalui udara. Dalam uji coba yang dilakukan di Jakarta hari ini, Mimo dapat meningkatkan kecepatan akses internet dari 22 Megabita per second (Mbps) menjadi 93 Mbps.

“MIMO biasanya digunakan dalam teknologi komunikasi wireless karena dapat meningkatkan transfer data tanpa tambahan penguat sinyal hingga lebih dari tiga kali lipat,” kata instruktur Wireless University, Onno W. Purbo.

Menurut Direktur Spectrum Indonesia, Teguh Wijaya, infrastruktur jaringan MIMO ini cocok untuk digunakan di kantor, rumah, maupun komunitas dalam satu lingkungan. “Daya tembus MIMO terhadap penghalang, seperti tembok di ruangan, jauh lebih baik,” ujarnya.

Untuk meningkatkan konektivitas, teknologi MIMO menggunakan multiple antena yang dapat berfungsi sebagai pemancar (transmitter) sekaligus penerima (receiver).

Pada kesempatan itu, Technical and Operation Manager Spectrum, Herry Darmawan juga memperagakan software AirControl dan AirLink yang dapat diunduh secara cuma-cuma dari situs ubiquitus. Peranti lunak AirControl mampu mengetahui kondisi jaringan di titik-titik yang jauh. Sementara AirLink digunakan untuk merancang jaringan.

  1. 18 Juli 2012 pukul 17:36

    I don’t even know how I stopped up right here, but I thought this publish used to be great. I don’t understand who you’re but certainly you are going to a famous blogger should you aren’t already. Cheers!

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: