Beranda > BERITA, internet, ponsel, sains > Menjajal Ketangguhan BlackBerry PlayBook

Menjajal Ketangguhan BlackBerry PlayBook

17 Januari 2011

Tangguh, itulah satu kata yang langsung terlontar kala detikINET menjajal kemampuan tablet PC besutan Research In Motion, BlackBerry PlayBook. Seperti apa kemampuannya? Simak review singkatnya.

Hawa ketangguhan PlayBook sejatinya langsung dapat terasa ketika pertama kali menggenggam produk ini. Dengan tebal kurang dari 1 inch dan berat tak lebih dari 1 pon membuat perangkat ini mantap dalam genggaman.

RIM masih belum mau mengungkap material apa yang mereka gunakan untuk membungkus PlayBook. Yang jelas cover belakangnya bukan dari plastik, tapi menggunakan semacam karet yang padat.

Tampilan depan PlayBook bebas dari tombol. Kontrol navigasi langsung berinteraksi dengan layar sentuhnya yang sensitif. Kehadiran tombol cuma ada di bagian atas, yaitu untuk tombol on/off dan tiga tombol multimedia (maju, mundur, dan pause). Sementara di bagian bawahnya terdapat colokan hdmi dan mikro USB.

Untuk mulai menjalankan PlayBook, tinggal sapukan saja jemari Anda. Layar di perangkat ini begitu sensitif, tak butuh tekanan yang kuat untuk mengoperasikannya. Tinggal sentuh dan untuk mengetik pun terasa nyaman.

Pertama kita coba masuk ke bagian image. Dari sederet kumpulan foto yang ada, PlayBook mampu menampilkan kumpulan foto-foto tersebut dengan mulus, tanpa ada waktu menunggu yang berlebihan. Ketika diklik langsung tampil.

Layar 7 inch yang digunakan juga tak seluruhnya digunakan untuk menampilkan gambar. Sebab di atasnya bisa disisipkan semacam tab yang dapat dilihat pengguna untuk mencari file di folder lain. Untuk keluar dari aplikasi ini, tinggal sapukan saja jemari Anda dari bawah ke atas.

Kemudian beralih ke tampilan video. Aplikasi yang berbasis flash dan HTML 5 dapat ditampilkan dengan mulus di PlayBook. Jika tak mau langsung ditutup, tinggal pindah saja ke aplikasi lainnya.

Ya, inilah hebatnya PlayBook. Perangkat ini memiliki kemampuan multitasking yang tangguh lantaran telah dibenamkan prosesor dual core 1 GB. Dapur pacunya juga dilengkapi dengan RAM 1 GB dan OS QNX.

Beberapa aplikasi dapat berjalan bersamaan tanpa harus ditutup. Jadi di halaman depan PlayBook, nanti akan muncul jendela-jendela kecil layaknya di Windows 7 dari aplikasi yang sedang berjalan.

Dan ini pun sudah dibuktikan detikINET sendiri, berbagai aplikasi yang berjalan di belakang layar tak mempengaruhi performa PlayBook secara signifikan.


Kamera Dual HD

Fitur mengambil dan merekam gambar di PlayBook juga memiliki peran penting. Yakni sudah dibenamkannya dua kamera, depan 3 megapixel dan belakang 5 megapixel sebagai primary.

Ketika dijajal detikINET di dalam ruangan yang tak terlalu terang, kemampuan dua kamera di PlayBook tak terlalu mengecewakan, cukup bersih.

Pengujian selanjutnya menuju speaker yang ada di bagian kanan dan kiri layar. detikINET hanya mengingatkan, lantaran ini produk tablet PC maka jangan berharap yang terlalu tinggi kepada speaker yang tersaji, termasuk di PlayBook. Sebab terkesan biasa.

Khusus di PlayBook, kualitas grafis memegang peranan penting. Hal itu bisa dilihat ketika menjalankan video dan games yang ada. Misalnya, saat memainkan game Quick III, kemampuan teknologi OpenGL begitu terasa untuk lebih menghidupkan tampilan.

Sementara media yang bisa diputar di PlayBook termasuk video hingga resolusi 1080p High Definition. Formatnya mencakup H.264, MPEG, DivX dan WMV.

Browsing

PlayBook untuk saat ini memang lebih diposisikan sebagai mobile internet device. Tidak bisa untuk menelpon, sebab belum dilengkapi dengan slot Sim Card, hanya akses Wi-Fi.

Jadi kemampuan browsing PlayBook pun harus bisa dioptimalkan RIM. Nah, salah satunya adalah mampu menampilkan keseluruhan isi situs. Maksudnya, apa yang ditampilkan bukanlah tampilan untuk versi mobile, melainkan sama persis versi yang di komputer desktop.

Jadi pengguna jangan khawatir ketika berselancar di perangkat mini ini. Sebab apa yang bakal mereka terima sama seperti ketika berinternet ria di komputer desktop atau notebook.

Sekadar catatan, PlayBook mengusung OS yang berbeda dengan handset BlackBerry. Sebab PlayBook sudah menggunakan sistem operasi BlackBerry Tablet OS berdasarkan arsitektur micro-kernel QNX Neutrino. Neutrino telah banyak digunakan pada perangkat kesehatan, otomotif hingga router internet.

Adapun spesifikasi teknisnya adalah:

* Layar sentuh capacitive LCD berukuran 7″ WSVGA dengan resolusi 1024 x 600
* Dukungan penuh pada multi touch dan gesture
* Prosesor 1 GHz Dual Core
* RAM 1 GB
* Kamera High Definition 3 Megapixel (depan) dan 5 Megapixel (belakang)
* Kamera bisa merekam video hingga resolusi 1080p HD
* HDMI Output (microHDMI)
* WiFi 802.11 a/b/g/n dan Bluetooth 2.1 + EDR
* Konektor microUSB
* Ukuran 130mm x 193mm x 10mm
* Berat sekitar 400 gram

Copas from detikinet.com

%d blogger menyukai ini: