Beranda > BERITA, ponsel > Motorola A3100 Surf

Motorola A3100 Surf

24 Desember 2009

Diam-diam, ternyata Motorola sudah memasok seri terbaru peranti pintarnya yang berbasis Windows Mobile. Di luar kebiasaan, Motorola A3100 Surf ini menggunakan layar sentuh dan berbasis Windows Mobile. Maklum, biasanya perangkat Windows Mobile dari Motorola menggunakan keyboard.
Motorola mengklaim layar sentuh A3100 sudah memakai teknologi layar sentuh resistif. Namun menurut pengalaman kami, layar sentuhnya tak sesensitif layar sentuh iPhone. Mungkin itu juga alasan mengapa Motorola masih menyediakan stylus yang terletak di atas bodi. yang juga agak mengecewakan, layar perangkat berbobot 120 gram ini masih 65 ribu warna. Ini agak mengecewakan bagi yang menginginkan kualitas lebih sebagai pendukung displai multimedia. Tapi bagi pebisnis, rasanya memang sudah mencukupi.
Sebagai perangkat layar sentuh, Motorola A3100 menggunakan sistem oprasi Windows Mobile 6.1. Namun untuk memudahkan penggunaan, A3100 memiliki antarmuka tersendiri yang berjalan di atas Windows Mobile. Dinamakan Moto Homescreen, layar utama ini berisi menu yang tersusun secara multi layar. Dengan menggeser layar ke kiri atau kanan menggunakan tangan maupun Jog Ball, kita akan menemukan menu seperti shortcut aplikasi, browser, atau RSS Feeds. Yang juga menarik untuk dicatat dari layar utama tersebut adalah adanya pintasan Lock. Ini sangat memudahkan penguncian layar, apalagi mengingat tidak ada tombol pengunci seperti pada Samsung Jet.
Tapi kami merasa kehilangan tombol OK. Soalnya, cukup repot bila harus menggeser jempol ke ujung kanan atas layar sentuh untuk menutup jendela yang sedang terbuka. Selain itu tombol End call akan mengembalikan kita home screen; satu hal yang menjengkelkan ketika kita tak berniat menutup aplikasi.
Sisi menarik lain dari A3100 adalah adanya Jog Ball untuk navigasi; mirip trackball yang ada di mayoritas Blackberry. Untuk menggerakkan kursor atau memilih menu, kita cukup menggeser Jog Ball. Sedangkan untuk mengaktifkan pilihan, tinggal pencet saja. Meski tidak seresponsif trackball di BB, keberadaan Jog Ball ini sangat membantu menjelajahi seluruh layar dengan cepat.
Desainnya sendiri terlihat unik dengan bentuk membulat; walau tak sebulat kapsul ala Aura. Sejauh ini warna yang tersedia adalah kombinasi hitam dan perak putih. Namun kabarnya Motorola juga bakal mengeluarkan edisi terbatas yang berkombinasi warna hitam dan emas. Casing-nya sendiri didominasi bahan logam, utamanya di bagian belakang. Ini hanya memberi kesan kuat; jadi tetap tak disarankan membanting-banting peranti ini.
Untuk konektivitas, A3100 sudah memakai port USB mikro. Port masih berbagi fungsi antara isi ulang baterai dan transfer data. Untungnya, Motorola menyediakan jack audio 3.5mm; letaknya di atas bodi. Ini menyenangkan, karena memungkinkan memakai headphone yang lebih mumpuni tanpa direpotkan adaptor.
Hanya, memori bawaan terasa minim. Jadi kita harus andalkan MicroSD untuk media penyimpanan ekstra. Slot MicroSD disembunyikan di balik casing. Posisinya tak terganggu baterai sehingga masih memungkinkan untuk cabut-pasang kartu memori tanpa mematikan peranti. Tapi kami sarankan agar tetap hati-hati supaya baterai tidak copot tanpa sengaja.
Selain dukungan terhadap jaringan HSDPA, Motorola A3100 memiliki fasilitas WiFi sebagai pilihan terkoneksi ke internet. Fasilitas A-GPS hanya didampingi GPSXtra, jadi kita harus tambahkan sendiri aplikasi peta. Yang menarik, Documents To Go (PDF To Go, Sheet To Go, Slideshow To Go, Word To Go, Zip To Go) menggantikan Microsoft Office Mobile. Lalu ada Card Reader untuk “memotret” kartu nama, dan RSS Reader. Malah ada Flashlight untuk senter.
***
Terhitung dari perkenalan perdana secara internasional, sebetulnya A3100 cukup cepat masuk ke Indonesia. Namun Motorola Indonesia terkesan santai saja sehingga tak banyak yang tahu kehadiran A3100 di pasar. Padahal dengan harga sekitar Rp. 3,6 juta, piranti ini cukup berpotensi dilirik banyak orang.

Spesifikasi Motorola A3100
Jaringan

GSM 850/900/1800/1900MHz, HSDPA 850/1900/2100 MHz
Layar

2.8 inci, LCD, TFT, QVGA, 65 ribu warna
Sistem operasi

Windows Mobile 6.1 Professional
Memori internal

Flash Memory 256MB, SDRAM 128MB
Memori tambahan

MicroSD
Kamera

(utama) 3MP, autofocus; (sekunder) VGA
Koneksi antar piranti

Kabel data USB mikro, Bluetooth 2.0 (dukung A2DP)
Koneksi internet

GPRS, EDGE, 3,5G
Baterai

Li-ion 3.7V 1170mAh
Waktu siaga

rata-rata 2 hari
Waktu bicara

rata-rata 4 jam
Dimensi

11x6x1,4 cm
Bobot

120gram
Aplikasi Penting

Documents To Go (PDF To Go, Sheet To Go, Slideshow To Go, Word To Go, Zip To Go), Camera, Card Reader, Flashlight, GPSXtra, Internet Sharing, JBlend Java, Master Clear, Opera Browser, Remote Desktop, RSS Reader, SIM Manager, Streaming, Task Manager
Isi paket

Charger, kabel data, manual, CD aplikasi
Situs Web

http://www.motorola.com
Harga kisaran*

Belum diketahui

Plus : Touchscreen resistif, Jog Ball, WiFi, A-GPS, kamera 3.15MP
Minus : Respon kamera lambat.

Kategori:BERITA, ponsel Tag:
%d blogger menyukai ini: