Beranda > BERITA, internet > Mesir Hadirkan Domain Arab Pertama di Dunia

Mesir Hadirkan Domain Arab Pertama di Dunia

17 November 2009

Kairo – Sebentar lagi domain internet tak hanya menyediakan bahasa atau tulisan latin saja. Mesir akan menjadi negara pertama di dunia yang akan menyediakan domain non-latin ini.

Hal tersebut dikemukakan oleh Perdana Menteri Mesir, Tarek Kamel dalam acara Internet Governance Forum (IGF) di Mesir. Kamel berujar bahwa domain baru yang mereka ciptakan akan bertuliskan “.masr” dan akan dikemas dalam tulisan Arab. “.masr” sendiri jika diterjemahkan berarti “.Egypt”.

Beberapa saat yang lalu memang tersiar kabar regulator internet Icann membolehkan alamat website ditulis dalam tulisan non-Latin. Artinya, domain akan bebas ditulis dalam skrip Arab, China, Rusia maupun yang lainnya.

“Ini adalah moment besar bagi kami. Kini internet akan berbicara Arab,” ujar Kamel. Lebih lanjut Kamel mengatakan, bahwa domain baru ini akan “menawarkan beberapa pintu menuju inovasi, investasi dan kemajuan” dalam dunia Arab.

Mesir sendiri, seperti diwartakan BBC dan dilansir detikINET, Senin (16/11/2009), memiliki pengguna internet sebesar 15 juta di negaranya, dari total populasi 80 juta penduduk.

%d blogger menyukai ini: