Beranda > BERITA, internet, ponsel > Sejarah Windows Mobile

Sejarah Windows Mobile

23 Agustus 2009

Windows Mobile adalah sistem operasi yang kompak dikombinasikan dengan sederetan aplikasi dasar untuk ponsel berdasarkan Microsoft Win32 API. Perangkat yang menjalankan Windows Mobile termasuk Pocket PC, Smartphone, Portable Media Center, dan on-board komputer untuk beberapa mobil. Perangkat ini dirancang untuk menjadi agak mirip dengan Windows versi desktop, dan fitur-bijaksana aesthetically. Selain itu, pihak ketiga pengembangan piranti lunak tersedia untuk Windows Mobile. Awalnya muncul sebagai Pocket PC 2000 sistem operasi, Windows Mobile telah diperbarui beberapa kali, dengan versi yang Windows Mobile 6.5. Berikut penjelasan lebih lanjut

Microsoft pada 2008 yang diproyeksikan pengiriman perangkat dengan Windows Mobile akan meningkat dari 11 juta sampai 20 juta unit, tetapi tidak terjawab tujuan awalnya hanya menjual 18 juta lisensi Citing yang tertunda peluncuran Smartphone tertentu. Windows Mobile dari pasar sebagai sistem operasi untuk Smartphone di seluruh dunia telah jatuh dari 23% pada tahun 2004 turun sampai 12% pada 2008. [1] Windows Mobile sekarang memiliki pangsa pasar smartphone di seluruh dunia dari 14%. [2] lisensi Microsoft Windows Mobile ke empat keluar dari dunia lima produsen ponsel terbesar, dengan Nokia yang lain.

Windows Mobile untuk Pocket PC ini membawa fitur-fitur standar dalam sebagian besar dari versi:
-Today Screen menunjukkan tanggal saat ini, pemilik informasi, janji mendatang, e-mail, dan tugas.
-Taskbar yang menunjukkan waktu saat ini dan volume.
-Office Mobile suite yang Mobile versi aplikasi Microsoft Office
-Outlook Mobile datang dengan Windows Mobile.
-Internet Explorer Mobile browser internet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Pocket PC dan Handheld PC yang dimuat secara default dengan Windows Mobile dan Windows CE untuk Handheld PC.
-Windows Media Player untuk Windows Mobile.
-Klien PPTP VPNs.
-Internet Connection Sharing (ICS) yang memungkinkan ponsel terpasang komputer untuk berbagi koneksi internet melalui USB dan Bluetooth.

Windows Mobile berjalan pada berbagai platform perangkat keras termasuk Pocket PC, Smartphone, Portable Media Center, dan mobil. Hardware platform ini tidak selalu ada dari berbagai macam Windows Mobile.

Pocket PC

Pocket PC yang asli adalah platform yang ditujukan untuk sistem operasi Windows Mobile. Perangkat ini terdiri dari baik standalone Pocket PC tanpa perangkat ponsel kemampuan, dan orang-orang yang menyertakan kemampuan ponsel. Sekarang yang paling nama Windows Mobile dirancang untuk digunakan pada Pocket PC yang secara resmi “Windows Mobile 6 Profesional” untuk perangkat ponsel dengan kemampuan dan “Windows Mobile 6 Classic” untuk perangkat tanpa kemampuan ponsel.

Smartphone

Smartphone yang menjadi platform perangkat keras berikutnya setelah Pocket PC untuk menjalankan Windows Mobile, dan debuted dengan rilis Pocket PC 2002. Walaupun dalam arti luas dari istilah “Smartphone”, kedua ponsel Pocket PC dan Microsoft Smartphone merek masing-masing sesuai dalam kategori ini, perlu dicatat bahwa Microsoft menggunakan istilah “Smartphone” hanya mencakup lebih spesifik perangkat keras yang berbeda dari Pocket PC telepon. Smartphone seperti itu pada awalnya dirancang tanpa touchscreens, dimaksudkan untuk lebih efisien akan dioperasikan dengan satu tangan, dan biasanya memiliki resolusi lebih rendah daripada menampilkan Pocket PC. Microsoft fokus untuk platform Smartphone adalah untuk menciptakan sebuah perangkat yang juga berfungsi sebagai telepon dan perangkat data yang lebih terpadu yang tepat. [4] yang sekarang nama Windows Mobile dirancang untuk digunakan pada Smartphone yang resmi “Windows Mobile 6 Standard”

Portable Media Center

Portable Media Center yang merupakan perangkat yang difokuskan pada integrasi dengan Microsoft Windows Media Center dan Windows Media Player untuk memungkinkan pengguna untuk membawa mereka media perpustakaan dengan mereka di mana saja. Portable Media Center yang secara resmi diperkenalkan pada tahun 2004, dan menjalankan versi modifikasi dari Windows Mobile. Perangkat ini menjadi pendahulu ke Microsoft Zune, dan 2006 Microsoft setelah dihentikan proyek dalam nikmat yang terakhir

Automobiles

“Windows Mobile untuk Otomotif” adalah nama untuk sistem operasi Microsoft yang memfasilitasi beberapa fungsi dalam mobil termasuk komunikasi, hiburan, sistem informasi. [5] Windows Mobile untuk digunakan dalam mobil adalah platform terbaru untuk sistem operasi, dan telah diperkenalkan oleh Microsoft pada Februari 2006 di Geneva International Motor Show. [6] untuk Windows Mobile Otomotif datang dalam dua versi yang berbeda. Dasar versi termasuk konektivitas Bluetooth dan USB interface untuk pemutaran musik. Standar ini juga mencakup versi, tetapi ia juga dilengkapi dengan built-in GPS, ponsel GSM, dan fitur keamanan. Sistem ini lebih banyak dikenal sebagai SINK. Windows Mobile untuk spesifikasi Otomotif hardware1 termasuk ARM 300 MHz processor, 32 MB RAM, dan mikrofon.

Versions

Pocket PC 2000

Pocket PC 2000, awalnya CODEC “pedang tipis ringan dan tajam”, telah dirilis pada 19 April 2000, dan ini didasarkan pada Windows CE 3.0. Itu adalah debut dari apa yang kemudian dikenal dengan sistem operasi Windows Mobile, dan dimaksudkan untuk menjadi penerus untuk sistem operasi Palm-aboard Ukuran PC. Backwards compatibility telah disimpan dengan Palm-Ukuran aplikasi PC. Pocket PC 2000 yang ditujukan terutama untuk perangkat Pocket PC, namun beberapa Palm-Ukuran perangkat PC memiliki kemampuan yang akan diperbarui juga. Selain itu, beberapa telepon Pocket PC 2000 yang dilepaskan, namun Smartphone platform perangkat keras yang belum dibuat. Satu-satunya yang didukung oleh resolusi ini telah melepas 240 x 320 (QVGA). Removable storage kartu format yang didukung adalah CompactFlash dan MultiMediaCard. Pada saat ini perangkat Pocket PC belum standar dengan arsitektur CPU tertentu. Akibatnya, Pocket PC 2000 yang dirilis pada beberapa CPU arsitektur; SH-3, MIPS, dan ARM.
Aesthetically, Pocket PC yang asli adalah sistem operasi yang mirip dengan Windows 98, Windows Me, Windows 2000 dan sistem operasi.

Fitur / aplikasi built-in untuk Pocket PC 2000 termasuk sebagai berikut: [8]
-Pocket Office
-Pocket Word
-Pocket Excel
-Pocket Outlook
-Pocket Internet Explorer
-Windows Media Player
-Microsoft Reader
-Microsoft Money
-Catatan, catatan dengan aplikasi
-Karakter mendukung pengakuan
-Inframerah (IR) file beaming kemampuan

Pocket PC 2002

Pocket PC 2002, awalnya CODEC “Merlin”, dirilis pada Oktober 2001. Seperti Pocket PC 2000, itu didukung oleh Windows CE 3.0. Walaupun terutama ditujukan untuk 240 × 320 (QVGA) perangkat Pocket PC, Pocket PC 2002 juga digunakan untuk telepon Pocket PC, dan untuk pertama kalinya, Smartphone. [9] Hal ini Pocket PC 2002 Smartphone terutama adalah perangkat GSM. Dengan rilis mendatang, dengan Pocket PC dan Smartphone baris akan semakin berbenturan sebagai persyaratan lisensi yang memungkinkan santai OEMs untuk mengambil keuntungan yang lebih inovatif, ide desain individu. Aesthetically, Pocket PC 2002 ini dimaksudkan untuk menjadi serupa dengan desain baru dirilis kemudian Windows XP.

Fitur baru / aplikasi built-in termasuk yang berikut ini:
-Ditingkatkan UI dengan tema dukungan
-Pemeriksa ejaan dan Word count tool Pocket Word
-Savable download dan WAP di Pocket Internet Explorer
-Jaringan Virtual Private dukungan
-Sinkronisasi folder
-MSN Messenger
-Terminal Services
-8 Windows Media Player dengan kemampuan streaming
-Microsoft Reader 2
-Palm OS untuk mendukung file beaming
-Peningkatan Pocket Outlook
-Manajemen hak digital (DRM) dukungan Microsoft Reader

Windows Mobile 2003

Windows Mobile 2003, awalnya CODEC “Ozone”, telah dirilis pada 23 Juni 2003, dan merupakan yang pertama di bawah rilis Windows Mobile banner. Ia datang dalam empat edisi: “Windows Mobile 2003 for Pocket PC Premium Edition”, “Windows Mobile untuk Pocket PC 2003 Professional Edition”, “Windows Mobile 2003 Smartphone untuk” dan “Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition”. Terakhir dirancang khusus untuk Pocket PC yang menyertakan fungsi telepon. Professional Edition yang digunakan di Pocket PC anggaran model seperti IPAQ rz1700 series. It kekurangan sejumlah fitur yang berada di Premium Edition, seperti klien untuk L2TP/IPsec VPNs. Windows Mobile 2003 yang didukung oleh Windows CE 4,20.

Fitur baru / aplikasi built-in termasuk yang berikut ini:
-Dukungan tambahan pada keyboard
-Peningkatan komunikasi antarmuka dengan perangkat Bluetooth manajemen
-Bluetooth mendukung file beaming
-Headset Bluetooth dukungan
-Aplikasi dengan tampilan gambar, cropping, e-mail, dan dukungan beaming
-Permainan Jawbreaker
-Ditingkatkan dengan Pocket Outlook vCard vCal dan dukungan
-Peningkatan Pocket Internet Explorer
-Windows Media Player dengan 9,0 streaming optimasi
-SMS balasan pilihan Phone Edition
-Mendukung file MIDI sebagai nada dering di telepon

Windows Mobile 2003 SE

Windows Mobile 2003 Second Edition, juga dikenal sebagai “Windows Mobile 2003 SE”, dirilis pada 24 Maret 2004 dan pertama yang ditawarkan pada Dell Axim x30

Fitur baru / aplikasi built-in termasuk yang berikut ini:
-Potret dan Pemandangan beralih untuk Pocket PC
-Single-Kolom layout di Pocket Internet Explorer
-VGA (640 × 480), 240×240, dan resolusi layar 480×480
-Wi-Fi Protected Access (WPA) mendukung
sisanya sama seperti wm2003

Windows Mobile 5

Windows Mobile 5.0, awalnya CODEC “Magneto”, [7] telah dirilis pada Microsoft Mobile dan Embedded Developer Conference 2005 di Las Vegas, 9 Mei-12 Mei 2005. Microsoft berencana untuk menawarkan dukungan utama untuk Windows Mobile 5 sampai 12 Oktober 2010, dan diperpanjang melalui dukungan 13 Oktober 2015. [15] Ia pertama yang ditawarkan pada Dell Axim x51. Ada yang digunakan. NET Compact Framework 1,0 SP3 – sebuah lingkungan untuk program berdasarkan. NET
-Windows Mobile 5,0 termasuk Microsoft Exchange Server “push” fungsi perbaikan yang bekerjasama dengan Exchange 2003 SP2. [16] The “push” fungsi juga diperlukan vendor / perangkat dukungan [17] Dengan peningkatan kemampuan perangkat lunak AKU2 WM 5,0 semua perangkat didukung DirectPush.
-WM 5,0 fitur baterai meningkat karena kemampuan penyimpanan Persistent. Sebelumnya sampai dengan 50% (cukup untuk 72 jam penyimpanan) kekuatan baterai yang telah dilindungi undang-undang untuk mempertahankan data dalam volatile RAM. Ini terus tren Windows berbasis perangkat bergerak menggunakan RAM sebagai media penyimpanan utama mereka untuk menggunakan kombinasi RAM dan memori flash (digunakan, tidak ada perbedaan antara dua nyata bagi pengguna). Program dan data yang sering diakses dalam menjalankan RAM, sedangkan sebagian besar berada di penyimpanan memori flash. OS seamlessly perpindahan data antara dua sesuai kebutuhan. Semuanya didukung dalam memori flash, sehingga tidak seperti sebelumnya perangkat, perangkat WM5 tidak kehilangan data apapun jika listrik terputus(batre habis).
-Dengan Windows Mobile 5.0, OS update yang dilepaskan sebagai Adaptasi kit upgrade.
-AKU3.5 saat ini adalah yang paling lepaskan.
-Dalam kinerja, ia biasanya lebih lambat dan kurang stabil daripada sebelumnya WM2003SE, terutama pada perangkat lama “upgrade” untuk WM5 tetapi bahkan pada perangkat asli WM5.

Lebih lanjut fitur-fitur baru dan aplikasi built-in disertakan:
-Office versi baru yang disebut “Office Mobile”
-PowerPoint Mobile
-Grafik kemampuan dalam Excel Mobile
-Tabel dan grafik di Word Mobile sisipan
-Windows Media Player 10 Mobile
-Photo Caller ID
-DirectShow dukungan
-Gambar dan video paket, yang converged pengelolaan video dan gambar
-Peningkatan dukungan Bluetooth
-Global Positioning System (GPS) manajemen antarmuka
-QWERTY keyboard default dukungan
-Kesalahan laporan yang mirip dengan fasilitas yang ada dalam desktop dan server sistem Windows
-ActiveSync 4,2 dengan 15% peningkatan kecepatan sinkronisasi

Windows Mobile 6

Windows Mobile 6, sebelumnya CODEC “crossbow”, telah dirilis pada 12 Februari 2007 di 3GSM World Congress 2007. Muncul dalam tiga versi yang berbeda: “Windows Mobile 6 Standard” untuk Smartphone (ponsel tanpa touchscreens), “Windows Mobile 6 Profesional” untuk Pocket PC dengan fungsi telepon, dan “Windows Mobile 6 Classic for Pocket PC tanpa radio selular.
Windows Mobile 6 is powered by Windows CE 5,0 (versi 5.2) dan sangat terhubung ke Windows Live Exchange 2007 dan produk. Windows Mobile 6 Standar yang ditawarkan pertama kali pada Orange’s SPV E650, [20] ketika Windows Mobile 6 Professional yang ditawarkan pertama kali pada O2 Xda Terra’s. [21] Aesthetically, Windows Mobile 6 ini dimaksudkan untuk menjadi serupa dengan desain baru kemudian dilepaskan Windows Vista. Fungsional, ia bekerja sangat mirip Windows Mobile 5, tetapi lebih baik dengan stabilitas.

Fitur baru / aplikasi built-in adalah sebagai berikut:
-320×320 dan 800×480 (WVGA) resolusi layar dukungan
-Office Mobile dukungan untuk Smartphone
-Live Perbarui Sistem Operasi
-Peningkatan akses Remote Desktop (Tersedia hanya untuk tertentu Pocket PC)
-VoIP (panggilan Internet) dengan dukungan AEC (Acoustic Echo Membatalkan) dan MSRT Audio Codec
-Windows Live untuk Windows Mobile
-Tanggapan pilihan pelanggan
-Ditingkatkan Microsoft Bluetooth Stack
-Kartu penyimpanan Enkripsi (enkripsi kunci yang hilang jika perangkat-dingin Booted).
-Smartfilter untuk mencari di dalam program
-Peningkatan Berbagi Internet
-HTML email dukungan Outlook Mobile
-Kemampuan untuk mencari kontak di Buku Alamat Exchange Server
-AJAX, JavaScript, dan XMLDOM dukungan pada Internet Explorer Mobile
-Balasan dari Kantor dengan Microsoft Exchange 2007
-Tanpa rebewes Mobile Access (Uma) dukungan untuk memilih operator
-Cari pada server Microsoft Exchange 2007
-. NET Compact Framework v2 SP2 Preinstalled dalam ROM
-Microsoft SQL Server 2005 Compact Edition Preinstalled dalam ROM
-OneNote Mobile sebagai pelengkap untuk Microsoft Office OneNote
-Office Mobile 6,1 mengumumkan dengan dukungan untuk format dokumen Office 2007 (pptx, docx, xlsx).

Windows Mobile 6.1

Windows Mobile 6,1 diumumkan 1 April 2008. It is a minor upgrade ke Windows Mobile 6 yang sudah ada yang membawa platform dengan kinerja berbagai perangkat tambahan, sebuah layar yang didesain ulang Home horisontal tegel yang berkembang di klik untuk menampilkan informasi lebih lanjut, walaupun rumah baru ini adalah fitur layar hanya pada Windows Mobile edisi Standar. Fitur ini inexplicably kiri dari edisi Professional. [29] Beberapa lainnya seperti perbaikan Thread SMS, full page zoom di IE dan ‘Domain Daftar’ juga telah ditambahkan, bersama dengan “mobile” versi Microsoft OneNote program dan secara interaktif “Persiapan” wizard. Daftar domain adalah fungsi untuk menghubungkan ke perangkat System Center Mobile Device Manager 2008, sebuah produk untuk mengelola perangkat mobile. Ada perbedaan lainnya juga. Perbedaan yang paling menonjol untuk pengguna bahwa versi standar (seperti versi) masih membuat link otomatis untuk nomor telepon di Tugas dan Appointments, yang memungkinkan untuk mudah (dan aman selama berkendara) klik dan panggilan dari nomor telepon yang disimpan tersebut Outlook item. Untuk beberapa alasan, versi Profesional yang telah dihilangkan fitur penting ini. Windows Mobile 6,1 juga meningkatkan efisiensi bandwidth dalam protokol push-email “ActiveSync” dari “upto 40%” [31], ini mengurangi penggunaan data adalah penyebab baterai meningkat cukup banyak dalam perangkat.

Selain visual dan fitur distinctions, yang TM versi yang dapat digunakan untuk membedakan dari WM6.0 WM 6.1. Versi Windows CE di WM 6,0 adalah 5,2 .*, dengan nomor terakhir menjadi 4 angka membangun ID (misalnya di HTC Wing 5/2/1622). Dalam 6,1 WM, yang TM versi 5,2 .* 5 angka dengan membangun nomor (misalnya 5.2.19216 pada Palm Treo 800w).

Windows Mobile 6.5

Awalnya dikonfirmasi oleh Steve Ballmer, versi 6,5 akan menjadi agak kecil yang ada upgrade ke Windows Mobile platform. Walaupun sebagai sebuah incremental update Namun, dikatakan signifikan untuk menyertakan fitur baru ditambahkan. Juga termasuk baru Internet Explorer Mobile browser IE dubbed “6 Pada 6″. Microsoft unveiled ini di versi 2009 Mobile World kongres pada bulan Februari [35], dan Motorola akan merilis ponsel yang menjalankan Windows Mobile 6,5 di paruh kedua 2009. Seiring dengan Windows mobile 6.5, Microsoft mengumumkan beberapa layanan komputasi Cloud CODEC “SkyBox”, “Skyline”, ” SkyMarket “.” SkyBox “telah dikonfirmasi sebagai Saya Telepon [37], dan akan sepenuhnya unveiled pada bulan, sedangkan” skyMarket “telah dikonfirmasi Windows Marketplace. rumah layar yang telah dirancang ulang untuk cocok dengan versi standar 6,1, dan versi ini akan dirancang lebih mudah terutama untuk penggunaan jari. [39] Microsoft juga berencana untuk membawa beberapa bentuk software atau fungsionalitas Zune ke versi ini beberapa waktu kemudian pada tahun 2009.

Windows Mobile 7

CODEC “photon” , Windows Mobile 7 merupakan upgrade yang dapat direncanakan untuk rilis pada 2010. Tidak banyak lagi yang diketahui tentang rilis, walaupun informasi leaked menunjukkan revamped UI, multi-touch dan gerakan yang berhubungan dengan fitur. Perusahaan seperti MWg HTC dan diharapkan untuk merilis Windows Mobile Profesional yang mendukung versi ini. Fitur termasuk mendesain ulang interface, versi baru Office Mobile, Internet Explorer Mobile berikutnya, fungsi accelerometer dengan antarmuka (gestures), media player versi baru. Microsoft telah agak konfirmasi kebocoran, menunjukkan homescreen selama mereka komersial Live Mesh operasi pada perangkat lunak apa yang muncul untuk menjadi HTC Touch Dual. The homescreen yang menyerupai dari versi 6.1 dan 6.5. Microsoft juga berencana untuk membawa beberapa bentuk fungsionalitas Zune atau perangkat lunak untuk versi ini.

Software development
Pihak ketiga adalah pengembangan perangkat lunak yang tersedia untuk sistem operasi Windows Mobile. Ada beberapa pilihan untuk para pengembang untuk menggunakan ketika deploying aplikasi mobile. Ini termasuk menulis kode asli dengan Visual C + +, Dikelola menulis kode yang bekerja dengan. NET Compact Framework, atau server-side kode yang dapat digunakan menggunakan Internet Explorer Mobile atau mobile klien pada pengguna perangkat. The. NET Compact Framework sebenarnya subset dari. NET Framework dan saham maka banyak komponen dengan pengembangan perangkat lunak pada komputer klien, server aplikasi, dan web server yang memiliki. NET Framework terinstal, sehingga integrasi jaringan komputasi ruang (aka “The Cloud “)

Microsoft biasanya rilis Windows Mobile Software development kit (SDKs) yang bekerja bersama-sama dengan Visual Studio pembangunan lingkungan. Ini termasuk SDKs emulator gambar untuk pengembang untuk menguji dan debug aplikasi mereka saat menulis mereka. Juga mendistribusikan Microsoft Visual Studio 2008 / 2005 Profesional Editions, dan server / database ke negeri sebagai siswa download secara gratis melalui program DreamSpark.

Pengembang masyarakat telah menggunakan SDK ke pelabuhan nanti versi Windows Mobile ke perangkat yang lama dan membuat OS gambar tersedia secara gratis, sehingga menyediakan perangkat dengan fitur yang sekarang ditetapkan. Microsoft telah ditoleransi prosedur ini untuk beberapa waktu tetapi pada Februari 2007 memutuskan untuk meminta para pengembang untuk mengambil gambar mereka OS off the net, yang pada gilirannya membangkitkan diskusi. Pada saat yang sama Microsoft yang ditawarkan upgrade ke Windows Mobile versi 6 ke produsen secara gratis.

NS Dasar memberikan alternatif lingkungan pengembangan. Hal ini memungkinkan untuk pengembangan pada desktop, yang kemudian download ke perangkat, serta pembangunan yang sebenarnya pada perangkat itu sendiri. 3. Pihak lainnya seperti alat-alat pembangunan Basic4ppc menggunakan. NET Compact Framework. Basic4ppc aplikasi dapat dikembangkan pada desktop dan pada perangkat itu sendiri.

Sebelum rilis Windows Mobile 2003, perangkat lunak pihak ketiga yang dikembangkan menggunakan Microsoft Visual Embedded Tools, Embedded Visual Basic (eVB) dan embedded Visual C (eVC). [55] eVB program biasanya dapat dikonversi menjadi cukup mudah untuk NS Dasar / TM.

Terdapat pula port Python bernama PythonCE.
Formulir satelit adalah RAD tool yang dapat menghasilkan aplikasi Windows Mobile yang kompatibel menggunakan mesin RDK runtime. Perpanjangan memperluas fungsi perpustakaan untuk berbagai perangkat keras.

Di salin ulang dari Herray’s Blog

%d blogger menyukai ini: