Beranda > BERITA, ponsel > FREN DUO vs INDOSAT DUO

FREN DUO vs INDOSAT DUO

20 Juli 2009

Keduanya memadukan layanan fixed wireless acces dan full wireless dalam satu layanan. Tujuannya untuk saling melengkapi kekurangan yang dimiliki kedua layanan tersebut.

FREN DUO
Ini adalah layanan dari mobile 8 yang memungkinkan untuk mengaktifkan bersamaan nomor fren dan hepi dalam satu ponsel. Tapi canggihnya hanya menggunakan satu simcard yang dinamakan dengan fren duo . seperti diketahui fren adalah layanan fullwireless yang berbasiskan CDMA. Sedangkan hepi adalah layanan fixed wireless acces (FWA) yang juga berbasiskan CDMA. Keduanya adalah produk dari mobile 8.

Satu kartu perdana fren duo diaktifkan, nomor fren yang menjadi nomor utama (nomor untuk menelepon). Jika ingin menggunakan nomor hepi, harus men-dial *55 terlebih dahulu. Jika ingin kembali ke nomor fren yang menjadi nomor utama., harus men-dial *550. Nomor manapun yang menjadi nomor utama (fren atau hepi) tetap kedua nomor bisa dihubungi. Jika melakukan isi pulsa, maka bisa digunakan baik untuk nomor fren maupun hepi.

Dengan menggunakan nomor hepi sebagai nomor utama, bisa memperoleh tariff percakapan yang lebih murah, karena berbasiskan layanan FWA. Tapi nomor ini akan tidak aktif jika dibawa keluar wilayahnya. Tapi jangan khawatir, karena fren duo akan otomatis mengaktifkan nomor fren.

Untuk saat ini fren duo sudah hadir di 57 kota dengan 13 kode are berbeda. Yaitu 021 (jabodetabek), 022(bandung), 034(malang), 0251 (bogor), 0231(cirebon), 024(semarang), 0274(jogja), 0271(solo), 031(Surabaya), 0361(denpasar), 0411(makasar), 0511(banjarmasin), dan 061(medan).

Bagi yang sebelumnya hanya menggunakan nomor fren atau hepi saja, bisa ikut merasakan fren duo. Caranya dengan membeli nomor hepi (jika sebelumnya menggunakan fren), atau nomor fren (jika sebelumnya menggunakan hepi). Lalu datang ke mobile 8 center untuk meminta simcard nya di-upgrade menjadi fren duo. Sebagai tambahan mobile 8 mencatatkan diri sebagai operator pertama yang menggabungkan dua nomor dalam satu kartu.

INDOSAT DUO
Jauh sebelum fren duo hadir, indosat sudah mengeluarkan layanan yang mirip, dengan nama indosat duo. Yang mirip yaitu bisa menghubungi nomor FWA indosat (starone) dan juga nomor selular indosat (mentari, im3, matrix). Tapi bedanya tiap nomor tersebut menggunakan simcard sendiri-sendiri. Indosat duo adalah layanan bagi starone,. Seperti diketahui starone adalah layanan FWA yang jika dibawa keluar daerahnya maka tidak bisa aktif. Dengan layanan indosat duo, maka jika ada yang menelepon ke nomor starone anda, padahal anda sedang berada diluar kota, maka anda tetap bisa dihubungi.caranya panggilan dari si penelepon akan di-call forward(dialihkan) ke nomor selular indosat yang anda miliki.

Untuk bisa menikmati layanan indosat duo, caranya dengan melakukan registrasi dari nomor starone, yaitu ketik: REGnomor mentari, im3, atau matrix kirim ke 3825. registrasi ini dikenakan biaya Rp.500/sms. Selain itu juga harus mendaftarkan starone ke paket ngorbit bulanan, dengan cara ketik: NGORBITBLN, kirim ke 7825.

Anda bisa mengganti nomor call forward yang sudah didaftarkan. Tapi harus mendaftar ulang. Caranya ketik: MODnomor mentari, im3 atau matrix kirim ke 3825, dikenakan biaya Rp.500/sms.tapi dalam sebulan hanya boleh mengganti nomor call forward sekali saja.

Registrasi ke nomor indosat duom bisa dilakukan jika pulsa minimalnya Rp.3500. indosat duo sebenarnya adalah layanan call forward, jadi anda akan dikenakan biaya call forward dengan tariff Rp.50/30 detik. Tapi anda bisa mendapatkan bonus pulsa starone 10% setiap isi ulang mentari atau im3 anda. Special tariff call forward ini makan hangus jika anda keluar dari paket starone ngorbit dan bonus pulsa akan terus didapat jika layanan indosat duo tersebut masih aktif.

Jika nomor yang didaftarkan ke layanan indosat duo adalah nomor matrix, maka anda tetap mendapatkan benefit special tariff call forward, namun bonus 10% reload tidak berlaku.

  1. superstar
    23 Juli 2009 pukul 11:56

    kalo gw si mendingan indosat de.. soalnya uda lama gw make indosat.. hehe,.. gk pecaya yang lain, ni gw jg lagi make m3 buat internetan.. hihihi

    • naylat3
      23 Juli 2009 pukul 15:56

      Iya, klo kita tinggal didaerah yg tercover sinyal 3G, memang kecepatann gsm lebih bisa diandalkan, tapi klo yang tinggal di daerah yg hanya tercover sinyal gprs, tentunya cdma lebih unggul…

  2. dani
    9 Agustus 2009 pukul 21:34

    starone duo??? mank bisa? tiap kali aku registrasi selalu dapet balesan kalo untuk saat ini starone duo tidak dapat beroprasi gara2 ada usaha pemeliharaan……

    napa ga bilang aja kalo program gagal indosat? pake alibi usaha pemeliharaan sgala……

    cape deeeeeeh…..
    mending pake 3 bisa sms gratis😀

    • dedi mei
      6 Desember 2009 pukul 02:14

      hahaha,,,lo mau ngbl untung dri bonus 10% ntu tah…..hahahaha
      sbenrx qw jga agk kcewa…..tpi gmna lgi emank star one yang paling murh…..

  3. Juragan muda
    31 Agustus 2009 pukul 00:56

    ya mending fren duo tho
    coba yah bandingkan..
    saati kita keluar kota, nomor lokal kita msh bisa dihub rekan2 kita
    hebatx lage, ga kena bea forward atau apalah, gratis, pdhal kita lagi gerak luarkota
    kalo indosat begitu kita bawa ke luarkota, otomatis staronex langsung forwading (spt telpon) ke nomor gsm kita, kena bea deh.. 50,-/30 detik
    100,-/menit -> lumayan trasa kalo kontak aga lamaan
    Kalo indosat mending pake mentari ngobrol -> 1 jam 1000,-

    • dedi mei
      6 Desember 2009 pukul 02:11

      num star juga scara otomatis pnggilan’na d’alihkan num gsm yg….
      sma j kale…..malhn nlpon ksmua oprator jga paling murh,,,,

    • dedi mei
      6 Desember 2009 pukul 02:17

      num star juga scara otomatis pnggilan’na d’alihkan num gsm yg terdaftr anggota duo….
      sma j kale…..malhn nlpon ksmua oprator jga paling murh,,,,

  4. Hood
    11 September 2009 pukul 17:32

    Menurut gw tinggal masa aktifnya yg laen ada yg 1bln dg hanya pake rp10 malahan ada yg aktif terus2an, trus lagi internetnya yg laen udah 0,xxx. Gmana ne fren masih sanggup bersaing?

  5. dedi mei
    6 Desember 2009 pukul 02:08

    poko’na kga ad yg lbih murah dri star one……
    munkin hnya orang bego yg milh slain indosat…..

    • abunayla
      6 Desember 2009 pukul 20:16

      semua orang boleh mempunyai pendapat yang berbeda2, tapi akan lebih bijak kalo menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan pendapat kita… padahal di indonesia raya kita tercinta ini, yang pake operator selain indosat jumlahnya ribuan bahkan mungkin jutaan, apa mereka semua itu bego…?

    • lucmania
      12 Mei 2011 pukul 12:27

      kalo menurut gw cuma orang bego yg pake kartu jaman jahiliyah macem telkomsel indosat atau xl. Hidup smartfren dan three!

  6. bwy
    29 Januari 2010 pukul 11:48

    gw pake dua2 nya m3 ma fren duo….dah jgn pda ribut…enaknya fren bisa gratisan tlpon…mo telpon pacar jadi tenang lama2 gk mesti 1 jam lah….asli gratis tanpa syarat..pake m3 buat teknologi gsm nya bis cdma hp nya terbatas ya toh…

  7. andi
    11 Maret 2010 pukul 10:31

    fren duo ? kenapa tidak…. karena banyak temen kantorku yang pakai komunikasi jadi murah…….

  8. ANAS
    14 Mei 2010 pukul 00:27

    hahahaha……indosat ma fren duo memang bisa saling melengkapi bro….im3 w skali kirim sms geratis 100 sms, sedangkan fren duo w nelpon gratis tanpa syarat……klop dah…

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: