Beranda > download, internet > OPERA MINI vs UC WEB

OPERA MINI vs UC WEB

17 Juli 2009

Menjamurnya pengguna internet baik melalui pc atau perangkat mobile khususnya ponsel, membuat para pengembang browser terus mengembangkan engine browsernya. Browser yang saat ini paling banyak penggunanya adalah Opera Mini, kini menemukan pesaingnya yakni UCWeb. Apa saja kelebihan dan kekurangannya simak perbandingannya berikut ini..!

OPERA MINI

opera_mini_logoSiapa yang tidak mengenal aplikasi browser Opera Mini. Opera Mini merupakan salah satu produk dari Opera yang di peruntukkan bagi para pengguna ponsel selain Aplikasi Opera Mobilenya. Bedanya kalo Opera mobile berjalan di ponsel berOS symbian atau windows mobile, sedangkan Opera Mini berjalan pada ponsel yang berplatform Java. Oleh karenanya Opera Mini lebih banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna ponsel yang notabene kebanyakan ponsel sudah berplatform Java. Saat ini browser terbaru Opera Mini adalah versi 4.2.

Aplikasi Opera Mini adalah salah satu aplikasi browser ponsel yang saat populer. Kepopulerannya memang cukup terbukti hebat dalam hal loading page yang sangat cepat, stabil, dan irit. Karena halaman yang ditampilkan akan di kompresi sampai 90% dari ukuran aslinya, sehingga dapat mengefisiensikan waktu dan biaya.

Pada tampilannya Opera Mini dapat membuka halaman WAP ataupun WEB, bahkan browser ini juga memiliki tampilan page benar-benar mirip tampilan pada PC. Sehingga halaman WEB dapat ditampilkan secara penuh.

Pada versi terbarunya Opera Mini 4.2 pengguna dapat mengganti kulit atau skin dengan beberapa skin yang berwarna. Beberapa diantaranya sudah diperkenalkan pada versi 3. Tidak hanya itu, melalui browser ini pengguna dapat menonton konten video yang disediakan oleh halaman yang dibuka.

Opera Mini memiliki fitur Opera link, yang memungkinkan pengguna dapat memindahkan bookmarks dan speed dial yang ada pada komputer yang menggunakan Opera 9.50 atau ponsel lain yang menggunakan Opera Mini. Bahkan pada ponsel yang mendukung JSR-75, Opera Mini dapat digunakan untuk menyimpan halaman. Sehingga pengguna dapat membacanya secara offline.

Opera Mini dapat digunakan secara landscape. Caranya pengguna tinggal menekan*# dan pindahkan ponsel anda secara lanscape atau melalui menu setting yang tersedia. Penggunaan Opera Mini dimudahkan dengan beberapa shortcut seperti memberikan anda mouse virtual, sehingga dapat digeser kearah manapun. Atau penggunaan navigasi pada browser Opera Mini juga dapat menggunakan keypad dengan menekan angka 2 untuk ke atas, 4 untuk ke samping, 6 untuk ke kanan, dan 8 untuk ke bawah. Dan tombol 5 untuk memperbesar atau memperkecil tampilan.

Opera Mini juga memungkinkan para web designer yang ingin membuat website mereka terlihat lebih baik dengan menggunakan Opera Mini. Karena Opera Mini sudah mendukung CSS yang dibutuhkan pada web designer untuk membuat halaman web mereka terlihat lebih sempurna pada halaman web mobile.

Namun dibalik semua kelebihan aplikasi Opera Mini ada juga beberapa kekurangannya. Beberapa diantaranya adalah belum mendukungnya flash, dan system download file. Bahkan kadang sering gagal jika untuk download file besar.

UCWeb

ucweb_logo3Aplikasi UCWeb merupakan salah satu aplikasi browser yang diperuntukkan bagi pengguna ponsel. Bahkan aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi browser pesaing Opera Mini. Sama dengan Opera Mini, browser yang diperkenalkan dicina ini menawarkan browsernya secara gratis.

Kemampuannya bisa dibilang sejajar dengan Opera Mini. Seperti juga Opera Mini, UCWeb juga memiliki kapabilitas yang cukup baik. Karena dapat digunakan oleh beberapa ponsel berplatform Java. Saat ini UCWeb telah mencapai versi 6.3.

Sama dengan Opera Mini, browser ini juga melakukan kompresi file yang terbilang efektif. Sehingga membuka halaman web di ponsel bukan lagi sebuah kesulitan, bahkan lebih cepat, mungkin karena server UCWeb tidak sepadat Opera Mini yang penggunanya banyak.
Sayang kompresi yang dilakukan oleh UCWeb tidak sepadat Opera Mini, sehingga masih memiliki beberapa kekurangan, seperti borosnya dalam pemakaian data, sehingga akan menyedot lebih banyak biaya pulsa dibandingkan Opera Mini.

UCWeb mampu tidak hanya membuka halaman WAP, tetapi juga mampu digunakan untuk membuka halaman WEB. Selain itu UCWeb juga memiliki control navigasi yang mudah digunakan oleh penggunanya. Sayangnya tampilan halaman kurang bagus jika di bandingkan Opera Mini. Tampilannya masih berupa versi mobile, sehingga tidak bisa memperlihatkan seluruh halaman seperti aslinya seperti pada Opera Mini.

Berselancar melalui search engine seperti google, yahoo bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan browser UCWeb mampu untuk membuat pengurutan untuk pencarian halaman web, MP3, gambar, peta, dan yang lainnya.

Kemampuan UCWeb dapat diandalkan untuk memutar file media online. Mungkin anda ingin menonton TV secara streaming, atau menonton DVD streaming. Bahkan mendengarkan lagu-lagu popular dengan menggunakan ponsel.

Browser UCWeb memungkinkan anda untuk mendapatkan yang anda inginkan. Karena UCWeb memiliki fungsi download yang cukup powerfull sehingga membuat anda mudah untuk mendownload file yang kecil maupun file yang berukuran besar. Sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Kelebihan dari browser UCWeb yang tidak dimiliki oleh Opera Mini adalah fitur multi windows. Karena pada browser ini pengguna dapat berselancar beberapa situs sekaligus menggunakan tab, seperti yang biasa digunakan pada PC.

Kelebihan lain yang dimiliki browser UCWeb adalah dari kecepatan download yang relative lebih cepat di bandingkan Opera Mini. Hal ini sangat terasa saat pengguna melihat halaman yang penuh dengan gambar. Demikian juga saat melakukan upload foto ke facebook. Proses ini berlangsung relative lebih cepat dibanding Opera Mini.

Terlebih aplikasi UCWeb memiliki Download Manager yang cukup bagus. Apabila kita mendownload file dengan aplikasi ini, kita tak perlu takut saat kehabisan baterai dan ponsel mati saat download belum lengkap. Karena ada menu resume pada download manager.

KESIMPULAN:
Secara tampilan dan efisiensi biaya Opera Mini di unggulkan ketimbang UCWeb. Namun jika dilihat dari kecepatan loadingnya browser UCWeb bisa dibilang relatif lebih cepat, mungkin karena server UCWeb yang tidak sepadat Opera Mini yang banyak penggunanya. UCWeb juga dapat anda gunakan untuk membuka beberapa halaman sekaligus, yang tidak dapat dilakukan oleh Opera Mini. Hebatnya lagi UCWeb mampu diandalkan untuk mendownload file yang besar, karena didalamnya sudah dilengkapi dengan Download Manager.

SUMBER: MAJALAH MOBILE GUIDE edisi 27

  1. himaoneline
    23 September 2009 pukul 09:30

    skarang sudah ada opera mini beta 5,sbgai pembaharuan dari opmin sblumnya!sedangkan untuk saingan utamany yaitu dngn aplikasi bolt browser!bisa diulas!

  2. PUTRI
    25 November 2009 pukul 09:00

    aduh saya bingung.dari tadi saya kutak-kutik UCWEBku ingin download video.tp kq g bisa2(g ngerti).tolongdong terangkan juga cara download dg UCWEB.Juga cara streaming video/tv online.di tunggu di email saya ya.please…:-o.thnx.

    • abunayla
      25 November 2009 pukul 20:31

      sayang sekali ucweb tidak mendukung plugin flash player, jadi tidak bisa untuk streaming video atopun tv online, kecuali kalo putri menggunakan windows mobile phone, putri bisa menggunakan browser pocket internet explorer, dengan catatan harus sudah menginstall plugin flash player terlebih dahulu…

  3. 25 November 2009 pukul 21:43

    kalau menurut saya sich ucweb itu cuma melengkapi fitur opmin yang dulu ada, yaitu bisa download filr *.jar (installer mentah) ke hape yang sekarang sudah ndak bisa

  4. 2 Agustus 2010 pukul 04:40

    Opera Mini 5.0.0 sudah rilis, saya sudah download support multitab browsing dan lebih good looking.

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: